HEALTHCARE

BELAJAR UNTUK BERBAGI

ASAL USUL KEHIDUPAN (BIOLOGI)


ASAL USUL KEHIDUPAN

SEKILAS BIOLOGI

Biologi adalah ilmu mengenai kehidupan. Diambil dari bahasa Belanda “biologie”, gabungan kata bahasa Yunani, bios (“hidup”) dan logos (“lambang”, “ilmu”). Dahulu (sampai tahun 1970-an) digunakan istilah ilmu hayat (yang berarti “ilmu kehidupan”), yang diambil dari bahasa Arab.

1. Awal Mula Istilah Biologi

Istilah biologi diperkenalkan oleh Gottfried Reinhold Treviranus (Biologie oder Philosophie der lebenden Natur, 1802) dan Jean-Baptiste Lamarck (Hydrogéologie, 1802). Pada th 1800 oleh Karl Friedrich Burdach. Sebelumnya Ia juga muncul pada judul Jilid 3 buku Michael Christoph Hanov, yaitu Philosophiae naturalis sive physicae dogmaticae: Geologia, biologia, phytologia generalis et dendrologia, terbit pada tahun 1766.

2. Cakupan Biologi

  • Pembagian berdasarkan kelompok organisme

Makhluk hidup atau organisme sangat beraneka ragam. Dikenal botani, zoologi, entomologi, dan seterusnya.

  • Pembagian berdasarkan organisasi kehidupan

Kehidupan berlangsung dalam hirarki yang terorganisai. Hirarki organisme dari yang terkecil hingga yang terbesar yang dipelajari dalam biologi adalah sebagai berikut:

Sel, Jaringan, Organ. System organ, Individu, Populasi, Komunitas atau masyarakat, Ekosistem, Bioma

Kajian-kajian subindividu mencakup biologi sel, anatomi dan cabang-(sitologi, histologi dan organologi) dan fisiologi. Misalnya anatomi dapat dikhususkan pada setiap organ atau sistem (biasa pada ilmu kedokteran): pulmonologi, kardiologi, neurologi dan sebagainya.Tingkat supraindividu dipelajari dalam ekologi, yang juga memiliki pengkhususan tersendiri, seperti ekofisiologi atau “fisiologi lingkungan”, fenologi, serta ilmu perilaku.

3. Hidup Dan Kehidupan

Kehidupan : fenomena / perwujudan adanya hidup, yg didukung oleh biotik, abiotik, & berlangsung dam dinamikanya seluruh komponen kehidupan itu. Ada perpaduan erat antara yg hidup dg yg mati dlm kehidupan. Mati adalah bagian dari daur kehidupan yg memungkinkan terciptanya kehidupan itu scr berlanjut.

4. ciri-ciri kehidupan

  • Organisme strukturalnya teramat pelik dan rumit,

Struktur ini dapat diperiksa pd berbagai tk kerumitan: sistem – organ – jaringan – sel – organel subsekuler – makromolekul – molekul kecil – ataom

  • Mereka melakukan metabolisme,

Organisai benda hidup itu dinamis, ada pertukaran molekul scr terus menerus diantara bagian2 organisme & diantara organisme & alam sekitarnya. Pertukaran ini dinamai metabolisme, sintesis substansi rumit yg > sederhana dinamakan anabolisme, pemecahannya menjadi y> sederhana dinamakan katabolisme

  • Mereka memperbanyak diri,

benda hidup mpy kemampuan menduplikasikan strukturnya yg unik. Hal ini dpt mengarah kpd pertumbuhan organisme &/ pembentukan individu baru yaitu pembiakan. Pembiakan aseksual terbentuk individu baru di 1 tertua, mereka mpy ciri yg sama dg induknya. Reproduksi seksual 2 tertua menyumbangkan gen pd keturunanya, akibatnya mereka mdp ciri yg berlainan dr tertuannya.

  • tanggap terhadap perubahan alam

Benda hidup tanggap thd perubahan disekitarnya yg bertindak sbg stimuli. Ketanggapan ini trgtng dr koordinasi aktivitas bagian2 di organismenya. Pd organisme yg komplek , koordinasi dpt dicapai dg hormon, saraf dan otot.

  • kesemua sifatnya ini ditentukan bentuknya selama berlangsungnya proses evolusi.

Lambat laun, ciri organisme hidup diubah bentuk oleh kanvas evolusi. Sifat yg mempertinggi ketahanan hidup dalam kondisi yg ada akan mjd lebih umum dengan menghilangkan sifat yg menyebabkan organisme tersebut kurang teradaptasi thdp kondisi tadi. Satu species bisa jadi akan meninggalkan keturunannya yg mencakup dua atau lebih species yg lebih khas.

5. Asal-Usul Kehidupan

Teori tentang asal-usul kehidupan yang pernah disusun oleh para ahli di antaranya:

  • Kehidupan diciptakan oleh zat supranatural (ghalib) pada saat istimewa (teori kreasi khas)
  • Kehidupan muncul dari benda tak hidup pada berbagai kesempatan (teori generatio spontanea)
  • Kehidupan tidak berasal-usul (keadaan mantap)
  • Kehidupan datang di planet ini dari mana saja (teori kosmozoan)
  • Kehidupan muncul berdasar hukum fisika-kimia (evolusi biokimia)

 

About these ads

Single Post Navigation

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: